Jumat, 09 September 2016

Pengertian Cyber Public Relations






E-PR adalah inisiatif PR yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya atau disebut cyber PR. E-PR atau Cyber Public Relations yaitu yang artinya PR yang menggunakan media internet sebagai media aktifitasnya.


Secara definitive, Cyber PR  merupakan Kegiatan kehumasan yang dilakukan dengan sarana media elektronik Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relations management. E-PR adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and Communication Technologies) untuk keperluan PR dalam membangun merek (brand) atau organisasi kepada public atau khalayak dan dapat dilakukan secara one-to–one relations yang bersifat interaktif.



Diperlukan Cyber PR karena ribuan one-to–one relations dapat dibangun secara simultan melalui media internet karena sifatnya yang interaktif karenanya merupakan sarana untuk membangun hubungan yang ampuh bagi para PR perusahaan.



Hal ini berarti bahwa setiap praktisi PR perlu memiliki perangkat ICT dan terampil dalam menggunakannya, tanpa ICT kegiatan PR mereka tidak akan efektif. Namun untuk menggunakan perangkat tersebut tidak diperlukan suatu keahlian yang tinggi.



E-PR adalah satu-satunya cara untuk membangun brand di dunia yang tidak kasat yaitu dunia maya mengingat internet telah menghadirkan dunia maya di samping dunia nyata.



Kegiatan yang dilakukan oleh Cyber PR adalah Publikasi, Menciptakan berita dan Membuat iklan. Menurut Agus Rusmana, sarana bagi kegiatan Cyber PR adalah Press releases, Expert articles, E-mail newsletter, Blogs, Webinars, dan Podcast.

2 komentar: