Pengertian Cyber Public Relations
E-PR adalah inisiatif PR
yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya atau disebut cyber
PR. E-PR atau Cyber Public Relations yaitu
yang artinya PR yang menggunakan media internet sebagai media aktifitasnya.
Secara definitive, Cyber PR merupakan Kegiatan kehumasan
yang dilakukan dengan sarana media elektronik Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet
dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relations
management. E-PR adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and
Communication Technologies) untuk keperluan PR dalam membangun merek (brand)
atau organisasi kepada public atau khalayak dan dapat dilakukan secara one-to–one
relations yang bersifat interaktif.
Diperlukan Cyber PR karena ribuan one-to–one relations dapat
dibangun secara simultan melalui media internet karena sifatnya yang interaktif
karenanya merupakan sarana untuk membangun hubungan yang ampuh bagi para PR
perusahaan.
Hal ini berarti bahwa setiap praktisi PR perlu memiliki perangkat ICT
dan terampil dalam menggunakannya, tanpa ICT kegiatan PR mereka tidak akan
efektif. Namun untuk menggunakan perangkat tersebut tidak diperlukan suatu keahlian
yang tinggi.
E-PR adalah satu-satunya cara untuk membangun brand di dunia yang tidak
kasat yaitu dunia maya mengingat internet telah menghadirkan dunia maya di
samping dunia nyata.
Kegiatan yang dilakukan oleh Cyber PR adalah Publikasi, Menciptakan berita dan Membuat iklan. Menurut Agus Rusmana, sarana bagi kegiatan Cyber PR adalah Press releases, Expert articles, E-mail newsletter, Blogs, Webinars, dan Podcast.
k,
BalasHapusk,
BalasHapus